- -

Ketua MPR Sebut 2 Hal yang Mampu Memutus Rantai Kemiskinan

Rabu, 28 Februari 2018 | 18:26 WIB

Kemiskinan bisa disebut sebagai perkara yang masih jadi  PR alias pekerjaan rumah besar di Indonesia. Ketua MPR Zulkifli Hasan pun memberi perhatian khusus pada masalah ini.

Menurut ia, kemiskinan di Indonesia bersifat struktural. Artinya, ada pola tertentu yang menyebabkan hal ini terus-menerus terjadi. "Dari orangtua kemiskinan menurun kepada anaknya," kata Zulkifli di depan ribuan warga Tulang Bawang, Lampung, Rabu (28/2/2018).

Meski begitu, Zulkifli mengatakan bahwa rantai kemiskinan seperti ini bisa diputus dengan “resep” yang tepat. Ia menyebutkan 2 hal yang menurutnya ampuh menuntaskan persoalan ini.

"Yang pertama berikan pendidikan yang baik kepada anak-anak kita," kata Zulkifli. Resep kedua, Zulkifli melanjutkan, adalah pendidikan moral agama. "Bagi yang beragama Islam ajari anak-anak baca Al-Quran sejak usia dini," ujar Menteri Kehutanan periode 2009-2014 ini.

Bagi Zulkifli, pendidikan merupakan bekal penting untuk membuat manusia cerdas. Sementara pengetahuan moral dan agama menjadi modal utama untuk menjadikan manusia punya akhlak yang baik. "Dengan resep ini, insya Allah kemiskinan bisa diatasi," ujar ia.


FOKUS MPR
+
Dihadapan delegasi Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan, Jawa Tengah, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan, para santri memiliki jasa yang sangat besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Masyarakat Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang biasanya menonton pertunjukan reog, kali ini pada 28 Oktober 2018, mendapat suguhan pagelaran wayang kulit
Sembilan anggota baru MPR dilantik Ketua MPR
Sistem demokrasi liberal yang berlaku di Indonesia, membuat kesempatan para calon yang memiliki modal finansial lebih besar.
Anggota MPR dari Fraksi PKB, Mohammad Toha,  mengatakan, sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen,
Selengkapnya di www.mpr.go.id